Renovasi Rumah Optimal dengan Biaya Minimal

Posted: Juli 25, 2009 in Arsitektur, Interior
Tag:, , ,

Beberapa bulan yang lalu, pernah diminta tolong oleh sahabat untuk menyumbang saran renovasi halaman belakang rumah barunya, agar siap menampung kebutuhan tambahan ruang untuk dapur, tambahan 1 kamar mandi, dan ruang untuk si ‘mbak’ dan tempat jemur.Plus satu lagi, perluasan kamar tidur eksisting menjadi kamar tidur utama yang semula 2,5m x 3m menjadi 4m x 3m.  Maklum teman saya yang satu ini baru akan menikah dan sebelum menempati akan di renov dulu….

luas lahan yang tersisa adalah 6m x 3m, dan dengan budget antara 30-40jt harus sudah bisa dapat semuanya. konsep yang digunakan kebetulan sama dengan rumah kami yg terdahulu dengan modifikasi mengingat lahan yang tidak simetris

Area service berupa dapur, pantry dan tambahan kamar mandi dibawah sedangkan kamar si ‘mbak’ dan area jemur dan gosok ada di atasnya.

Denah asal adalah 2 kamar tidur, 1 ruang tamu/keluarga dan 1 kamar mandi, sedangkan denah pengembangan adalah seluruh bagian belakang plus lantai diatasnya.

Denah Pengembangan Lt Dasar
Denah Pengembangan Lt Dasar
Denah pengembangan lantai atas

Denah Pengembangan Lantai Atas

Kamar mandi berada dibawah tangga untuk menghemat area, namun kamar mandi dibuat dengan ukuran 1,5m x 1m hingga mesin cuci masih bisa dimasukkan persis dibawah bordes tangga dengan konfigurasi Fold-Back left tanpa bordes/landing sehingga untuk mencapai 3m cukup dengan tinggi tangga 25cm, tidak terlalu terjal.

karena diatas tangga adalah void sampai dengan atap lantai2, maka pencahayaan masih cukup terang hingga ruang keluarga walaupun areal sisa belakang telah habis digunakan seluruhnya.

Tampak ruang makan , ruang tidur uatama dan tangga

Tampak ruang makan , ruang tidur uatama dan tangga

Untuk membuang panas dan asap dari dapur, maka diatas dapur dibuat void hingga ke atap lantai diatasnya. dan pada dinding lantai atasnya dipasangkan exhaust fan atau dapat juga dipasangkan cooker hood. selain membuang asap dan panas, void ini juga memberikan pencahayaan alami pada sisi kiri belakang bangunan. sementara sisi kanan belakang, pencahayaan sudah didapatkan dari void tangga seperti yang sudah diuraikan diatas.

Tampak tangga ruang cuci dari dapur

Tampak tangga ruang cuci dari dapur

dari budget 35 jt awal yang di hitung, pada saat selesai pembangunannya biaya tidak berbeda banyak. namun seperti biasa….. ditengah pembangunan, teman saya mengganti spesifikasi seperti penutup atap dan plafond lantai atas serta beberapa detail seperti kermik dan ukuran meja dapur hingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar 5-8 jt…  :) dari total luas pengembangan 34 m2

Jadi kadang saya suka kaget juga kalau dengar teman lain yang renov/menambah ruangan 21 m2 bisa menelan biaya 80-100jt… :)

Semoga bermanfaat

Komentar
  1. Beni ISwanto mengatakan:

    alo,
    Bisa minta bantu engga? saya juga punya kasus persis seperti artikel diatas. Saya masih ada sisa tanah dibelakang rumah 8×3 m. Saya berencana menambah ruang diarea itu (total 5x3m) dengan dapur kecil nyambung dengan ruang makan dan disisakan 3x3m untuk taman belakang.
    Sedangkan dilantai atas saya ingin membuat ruang sebisa mungkin agak menggantung didepan. Bisa engga menjorok ke depan sehingga luas lantai atas sampai menjadi 5x5m. Diatas kalo bisa dibuat 1 kamar tidur, ruang cuci jemur dan kamar pembantu kecil gitu.
    Ato ada saran lain yg lebih mungkin.
    Terima kasih atas sarannya
    Brgds,
    Beni

  2. richmondaldien mengatakan:

    Mas Beni,
    Dengan ukuran tanah 8×3 termasuk luas untuk pengembangan ruangan yang dimaksud. saya asumsikan lebar rumah 8m panjang sisa halaman belakang 3m ya.

    untuk itu kalau ingin masih ada ruang terbuka bisa dipakai sebagai taman, kemudian di pojok ruang terbuka 3m x 3mx tersebut dibangun tangga yang dibawahnya dipakai sebagai tempat cuci.

    lantai atas bisa dibangun 1 kamar, jadi setelah tangga naik keatas, akan ada kamar diatas, disamping kamar bisa dijadikan ruang jemur.

    sehingga ruangan bawah adalah ruang makan, dapur, tangga dan ruang cuci dibawah tangga serta ruang terbuka/taman yang tembus hingga ke atas, jadi cahaya tetap bisa menerangi ruang makan dan dapur.

    hanya saja saran saya untuk kamar diatas, jangan di majukan hingga “memakan” atap bangunan lama. karena perubahan ini walaupun kelihatannya sepele tapi ternyata memakan biaya yang besar, karena ada pekerjaan bongkar atap, penambahan kolom dan balok beam serta cor beton diatas bangunan lama.

    jika kamar lantai atas yang akan dibangun peruntukannya untuk pembantu RT maka untuk penghematan tidak perlu cor beton namun cukup dengan lantai kayu multiplex yang disangga oleh balok beam kayu ukuran besar. ini akam memotong biaya sekitar 10-15 jt.

    supaya lebih jelas kalau boleh bisa kirimkan sketsa denah bangunan asal, siapa tahu bisa saya bantu…. ke email gmail ke raldien

    semoga membantu….

  3. wildan mengatakan:

    bagaimana bila kamar tidur ada kamar mandinya gimana ya gambar@ yang praktis

  4. richmondaldien mengatakan:

    Mas Wildan,

    Untuk kamar mandi dalam, salah satu kamar bisa menggunakan kamarmandi eksisting (yang ada) dibuatkan pintu tembus dari kamar mandi ke kamar dan pintu kamar mandi yang ada di tutup. untuk kamar mandi umum bisa menggunakan yang dibawah tangga.

    pengembangan kamar mandi

  5. Vanda mengatakan:

    Mas Richmondaldien, saya bermaksud merenovasi rumah dan kebetulan ketemu web ini lewat google. Saya mau tanya2 boleh ya Mas.

    Kita punya lahan ukuran totalnya lebar 9 kali panjang 12. Dari luas ini di belakang ada 2×8 meter nya masih tanah kosong tetapi tidak rata melainkan berbentuk L.

    Rencananya kita mau renovasi dengan menambah satu kamar mandi plus satu dapur di lantai bawah. Sedangkan di atasnya mau kita bangun satu kamar plus ruang setrika dengan total luas area lantai atas 6×4,5 meter termasuk balkon/tempat jemur 1×6 meter sepanjang bangunan lantai atas.

    Kira2 budget Rp 45 juta cukup nggak ya, Mas. Kl nanya2 ke tukang bangunannya sekarang ini itung-itungannya 2 juta per meter dan di otal utk renovasi yg kita rencanakan paling sedikit 60 juta, ini sudah termasuk upah tukangnya.

    Memang kemungkinan untuk menambah lantai ini kita mau tidak mau harus ngebongkar atap satu kamar yg ada sekarang seluas 2,5X3 meter. Sedangkan saya baca di tulisannya Mas Richmon, kl ngebongkar atap biayanya jadi besar.

    Mohon sumbang sarannya, Mas. Terimasih banyak sebelumnya.

  6. dynar setyawati mengatakan:

    saya punya lahan kosong yg di belakang dg lebar 6m panjang 3 m sy ingin bikin kamar di atas nya beserta kamar mandi nya, kira kira bagai mana ya mas..cara penataan nya,,beserta brapa biaya yg harus sy keluarkan..?

    oya.bangunan semula.rumah saya type 22/60 dengan kamar satu dan kamar mandi satu,rencana nya untuk lantai bawah , saya tidak akan menambah kamar dan tidak memindah n merubah letak kamar mandi yg bawah..namun saya hanya ingin menambah dapur saja…mohon bantuan nya ya mas…

  7. ayah eghi mengatakan:

    minta tolong dong denah rumah dengan lahan 5,5X12m, 2 lantai

  8. Ermelinda mengatakan:

    Its like you learn my thoughts! You seem to understand a
    lot about this, such as you wrote the ebook in it or something.
    I feel that you can do with a few % to drive the message house a bit, but other than that, this is magnificent blog.
    An excellent read. I will definitely be back.

  9. Wood Shed Designs mengatakan:

    Hi there! I know this is kinda off topic but I was
    wondering which blog platform are you using for this site?
    I’m getting tired of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  10. www.youtube.com mengatakan:

    You could definitely see your skills within the article you write.
    The world hopes for even more passionate writers such as
    you who aren’t afraid to mention how they believe. All the time go after your heart.

  11. top solar lights mengatakan:

    I’m really enjoying the design and layout of your website. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for
    me to come here and visit more often. Did you hire
    out a designer to create your theme? Fantastic work!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s