Taman dan Kolam dalam Rumah

Posted: Januari 12, 2009 in Arsitektur, Interior, Taman

Taman dalam rumah merupakan salah satu fitur yang bermanfaat sebagai titik refreshing dan daya tarik pandangan yang memberikan kesan sejuk dalam rumah. bukan merupakan masalah bila rumah mempunyai lahan yang luas dan ruang terbuka di tengah rumah. Namun jika lahan terbatas seperti kondisi perumahan di kota besar, bentuk dan ukuran menjadi pertimbangan yang penting.

Dalam kondisi ini kita tidak bisa leluasa menambah berbagai macam tanaman dan ornamen lainnya. untuk itu kami mencoba mengakalinya dengan membuat suatu taman kecil beserta kolam ikan dengan ukuran 1m x 3m di ruang terbuka dalam rumah.

Awalnya kami mencoba mencari tukang pembuat taman dengan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain yang menjual batu alam dan jasa pembuatan taman. dan betapa terkejutnya kami setelah mengetahui ternyata biaya pembuatan taman dengan ukuran 1m x 3m x 2,5m dipatok harga antara 10 – 14 juta rupiah….

dan anehnya sepertinya tukang tukang taman tersebut dari perguruan/padepokan yang sama, karena mereka semuanya punya “pakem” alias model yang sama alias “yang namanya kolam itu bentuknya begini pak!”…. (Seperti gambar di kanan)

Setengah putus asa, akhirnya kami memutuskan membatalkan niat pembuatan taman dan kolam setelah 3 hari berkeliling. Tapi setibanya dirumah, ternyata tukang kami yang sedang merenovasi rumah telah menggali tanah di belakang untuk taman dan kolam.

Alhasil… saya membongkar arsip majalah arsitektur dan foto foto lama untuk mencoba mencari konsep taman dan kolam. termasuk gak ketinggalan, browsing internet di situs arsitektur online… beberapa diantaranya yaitu asri, rumah, idea dan salah satu blog annahape… (terima kasih buat website tsb yang sudah memberikan ‘pencerahan’ buat kami)

Setelah mendapat ide karena ‘terpaksa’, kami mulai membangun dengan satu orang tukang batu dan kami sendiri. dengan perhitungan budget hanya maksimum 1,9jt, ternyata pembangunan taman kolam ini tidak meleset bahkan jauh dari yang diperkirakan.

biaya tukang 700rb, material dasar (Pasir, Semen cat sintetik) 300rb dan batu ‘Candi’ 4m2 380rb jadi total hanya ‘menelan’ biaya 1,38 jt… murah kan? … dan jadinya seperti dibawah ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s